Langsung ke konten utama

Belajar Copywriting

 Apa Itu Copywriting?

Copywriting adalah praktik membuat teks tertulis untuk menginformasikan, menginspirasi, atau membujuk. Dalam kebanyakan kasus, copywriting digunakan untuk meningkatkan penjualan dan konversi. Media, tempat copywriting diterapkan, termasuk surat penjualan, posting blog, iklan, dan posting media sosial.


Mengapa Copywriting Penting?

Di era video dan podcast ini, apakah copywriting masih penting?


Singkatnya: ya.


Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari menjadi ahli copywriting:


  • Dapatkan tingkat konversi yang lebih tinggi pada halaman utama
  • Perbaiki struktur dan aliran artikel
  • Dapatkan lebih banyak keterlibatan di postingan media sosial
  • Minta lebih banyak orang membagikan konten Anda
  • Pahami kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda
  • Dengan kata lain: copywriting dapat meningkatkan hampir setiap elemen pemasaran Anda.


Ini jelas termasuk artikel dan halaman penjualan. Tetapi copywriting juga berperan saat membuat:


  1. Skrip video
  2. Judul postingan blog
  3. Deskripsi meta halaman web
  4. Email penjangkauan
  5. Deskripsi video YouTube
  6. Deskripsi podcast
  7. Pertanyaan wawancara
  8. Posting Facebook
  9. Siaran pers
  10. Tentang salinan halaman
  11. Aplikasi copywriting

Apa yang Dilakukan Seorang Copywriter?

Tak perlu dikatakan, copywriter menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menulis. Namun, ada lebih banyak pekerjaan copywriter daripada meletakkan kata demi kata.


Faktanya, copywriter berpengalaman menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari pelanggan mereka. Mereka juga menginvestasikan waktu untuk memahami bagaimana produk yang mereka tulis dapat membantu prospek mereka.


Jika Anda menulis salinan untuk produk atau layanan Anda sendiri, maka Anda mungkin sudah tahu apa itu, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana perbandingannya dengan pesaing. Jadi, tugas Anda adalah mempelajari pikiran, ketakutan, dan keinginan audiens Anda. Dan bagaimana mereka mengungkapkan hal-hal ini dalam pikiran mereka. Dengan begitu, Anda dapat menulis salinan yang berbicara langsung kepada mereka.


Saya membahas lebih lanjut tentang bagaimana melakukan ini di Bab 2 dari panduan ini.


Bagaimana Menjadi Copywriter

Untungnya, Anda tidak memerlukan pelatihan atau pendidikan formal untuk menjadi copywriter. Sebaliknya, Anda harus menguasai keterampilan berikut:


Riset pelanggan

Struktur kalimat

Copywriting web

Tata bahasa dan ejaan

Bujukan

Struktur konten

Iklan online

Untuk lebih jelasnya: menjadi copywriter yang baik membutuhkan waktu. Tapi itu adalah keterampilan pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan klien sebagai copywriter lepas atau untuk meningkatkan prospek pekerjaan Anda.


Faktanya, menurut National Association of Colleges and Employers , 80,3% pengusaha ingin mempekerjakan orang dengan keterampilan menulis yang kuat.


Dan jika Anda adalah pemilik bisnis kecil (seperti saya), Anda dapat menggunakan copywriting untuk meningkatkan pemasaran dan mengembangkan bisnis Anda.


BAB 2:

Salinan Berfokus pada Pelanggan

Salinan yang berfokus pada pelanggan

Jika Anda ingin menulis salinan yang mengonversi, Anda perlu menguasai satu aturan sederhana:


Tulislah seperti pelanggan Anda berbicara.


Saat Anda melakukannya, prospek akan berkata: "Produk ini untuk saya!".


Pertanyaannya adalah:


Bagaimana Anda melakukannya?


Gunakan salah satu dari 5 strategi sederhana dari bab ini.


Reddit Threads

Jika Anda ingin menulis saat pelanggan Anda berbicara, Reddit adalah salah satu tempat pertama untuk melihat.


Untuk menggunakannya, buka subreddit tempat pelanggan target Anda berkumpul.


Reddit - Pengusaha subreddit

Kemudian, lihat beberapa utas terbaru yang paling populer:


Reddit - Pengusaha - Posting teratas

Misalnya, Anda baru saja meluncurkan Paleo Diet Bar baru.


Pergi ke subreddit Paleo dan cari "bar".


Reddit - Pencarian - Bar paleo

Dan lihat bahasa yang digunakan orang untuk mendeskripsikan apa yang mereka suka dan tidak suka tentang bar yang ada di pasaran saat ini.


Misalnya, saya menemukan banyak salinan mengagumkan di utas yang satu ini:


Reddit - Salin di komentar

Salinan yang akan bekerja BESAR untuk halaman arahan, email atau iklan Facebook.


Gunakan Bahasa Dari Reddit Threads

Ulasan Amazon

Seperti yang mungkin Anda lihat secara langsung, orang-orang di Amazon tidak menahan diri:


Amazon - Ulasan negatif

Aduh…


Dan Anda dapat menambang ulasan jujur ​​ini untuk mendapatkan salinan yang bagus.


Misalnya, periksa ulasan Amazon ini untuk meja berdiri:


Ulasan Amazon - Meja berdiri

Nah, jika Anda juga menjual meja berdiri, Anda baru saja menemukan beberapa salinan yang bagus.


Ulasan Amazon - Meja berdiri - Salin

Dan saya harus menunjukkan sesuatu:


Anda dapat menambang ulasan Amazon… bahkan jika Anda tidak menjual produk fisik.


Misalnya, saya baru-baru ini melihat ulasan untuk buku populer tentang SEO di Amazon:


Amazon - Belajar buku SEO

Dan menemukan bongkahan emas ini:


Amazon - Belajar buku SEO - Salin ulasan

Ini adalah salinan yang dapat saya gunakan untuk menjelaskan kursus atau panduan online saya berikutnya.


Survei Pelanggan

Survei pelanggan sangat membantu.


Secara khusus, Anda ingin mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut kepada pelanggan:


“Mengapa Anda memutuskan untuk membeli [Produk Anda]?”

“Apa hal # 1 yang membuat Anda berkata: Ya, ini untuk saya?”

Apa yang telah kamu coba sebelumnya?

“Apa pengalaman Anda dengan produk lain itu?”

Ya, tanggapan ini sangat berharga untuk penelitian pelanggan, pemosisian, dan pembuatan produk baru.


Tetapi mereka juga membantu Anda menulis salinan yang berbicara langsung kepada audiens target Anda.


Misalnya, berikut adalah tanggapan sebenarnya dari salah satu survei pelanggan saya baru-baru ini:


Umpan balik pelanggan STW

Dan tergantung pada produk Anda, Anda juga dapat mengajukan pertanyaan tentang:


Info usia dan demografis

Perjuangan terbesar

Kebiasaan berbelanja

Tantangan bisnis

Misalnya, Backlinko ada di ruang B2B.


Jadi saya meminta pelanggan untuk melukiskan gambaran di mana mereka berada dengan bisnis mereka:


Pertanyaan survei STW

Wawancara Pelanggan

Wawancara seperti survei pelanggan tentang steroid.


Itu karena Anda bisa menggali lebih dalam dengan pertanyaan lanjutan.


Misalnya, beberapa waktu lalu saya menggunakan Skype dengan tiga orang yang baru saja lulus dari salah satu program saya:


Brian menelepon Skype

( Fakta Menarik: Saya mengunjungi keluarga di Rhode Island ketika saya melakukan wawancara ini. Karenanya tirai bunga yang luar biasa. 🙂)


Dan saya mengajukan pertanyaan yang hampir sama dengan yang saya ajukan dalam survei pelanggan:


Apa tantangan terbesar Anda dalam SEO saat ini?

Di mana mendapatkan lebih banyak peringkat lalu lintas mesin pencari dalam hal pentingnya dalam bisnis Anda?

Pernahkah Anda mengeluarkan uang untuk pelatihan SEO sebelumnya? Bagaimana hasilnya?

Perbedaan besar adalah bahwa wawancara memungkinkan saya untuk mengajukan pertanyaan lanjutan .


Tindak lanjut ini membantu saya memahami tantangan pelanggan saya JAUH lebih baik daripada respons survei satu arah.


Berikut contohnya:



Bagaimana cara Anda memilih topik untuk konten blog?



Nah, jika ada banyak yang membagikannya di media sosial maka Anda tahu orang-orang tertarik padanya.


Kami mencoba menambahkan apa yang sudah banyak orang tulis dan pergi dari sana.



Masuk akal. Setelah Anda memilih topik, bagaimana Anda tahu apakah akan menggunakan infografis, panduan, atau apa pun?



Itu tergantung pada bisnis klien. Infografis bekerja sangat baik untuk satu klien dan tidak bekerja dengan baik untuk klien lain. Misalnya, satu klien menjual perlengkapan kolam renang dan infografik bekerja dengan sangat baik.



Dapatkah Anda memberi contoh infografik yang Anda buat untuk klien itu?


Media sosial

Begini cara kerjanya:


Pertama, cari produk pesaing di Twitter:


Twitter - Pencarian - Quickbooks

Kemudian, perhatikan keluhan yang muncul berulang kali:


Twitter - tweet Joe Casabona

Dan jika produk Anda memiliki salah satu fitur "hilang" ini, pastikan untuk menekankannya dalam salinan Anda:


Tekankan Fitur Dari Riset Media Sosial

Diskusi Perburuan Produk

Anda dapat menggunakan " Diskusi Perburuan Produk " untuk mempelajari bagaimana calon pelanggan mendeskripsikan apa yang Anda jual.


Mengapa? 90% orang yang memposting pertanyaan tentang Product Hunt sudah mencari solusi di Google untuk masalah mereka. Dan mereka muncul dengan kosong.


Jadi, catat kata-kata yang digunakan orang untuk mendeskripsikan masalah mereka…


Salinan diskusi Product Hunt

… Dan buat halaman arahan yang dioptimalkan di sekitar istilah tersebut:


Gunakan Istilah yang Diambil Dari Wawancara Pelanggan

Dengan itu, saatnya untuk bab 3…


BAGIAN 3:

Strategi Pro Copywriting

Strategi copywriting profesional

Bab ini adalah daftar tujuh strategi copywriting yang dapat Anda gunakan untuk menulis salinan yang lebih baik dari awal…


… Atau perbaiki salinan Anda yang sudah ada.


Jadi, jika Anda menginginkan tip copywriting yang dapat ditindaklanjuti yang dapat Anda terapkan dengan cara yang benar, bab ini cocok untuk Anda.


Perosotan Licin

Tujuan # 1 dari salinan Anda adalah membuat orang membaca.


Atau seperti yang dikatakan oleh copywriter legendaris Joe Sugarman:


“Satu-satunya tujuan kalimat pertama dalam iklan adalah membuat Anda membaca kalimat kedua.”


- Joe Sugarman


Dengan kata lain, bagi kami sesuatu yang oleh copywriter disebut sebagai "Slippery Slide":


Geser Licin

Anda dapat membuat salinan slide yang licin dengan "Bucket Brigades":


Bucket brigade di pos

Cerita kecil:


Cerita di posting Backlinko

Dan Open Loops:


Loop terbuka di pos

Formula "AIDA"

AIDA adalah formula copywriting yang kuat yang berfungsi untuk:


Halaman penjualan

Peras halaman

Intro entri blog

Buletin email

Skrip video

Dan banyak lagi

Berikut visual tampilannya:


Formula "AIDA"

Seperti yang Anda lihat, AIDA adalah singkatan dari:


Sebuah ttention.


Saya tertarik.


D esire.


A ction.


Berikut adalah contoh kehidupan nyata tentang bagaimana saya menggunakan rumus AIDA dalam panduan halaman arahan ini :


Panduan halaman landing - Pendahuluan

Pertama, saya menarik perhatian dengan baris pertama:


Panduan halaman arahan - Baris pertama

Kemudian, saya membangkitkan minat dengan janji yang berani:


Pendahuluan panduan halaman landing - Promise

Dan saya memanfaatkan keinginan # 1 yang dimiliki siapa pun yang mendarat di halaman ini (peringkat Google lebih tinggi):


Pendahuluan panduan halaman landing - Desire

Saya menutup semuanya dengan ajakan bertindak yang mendorong pembaca untuk menggulir ke bawah:


Pendahuluan panduan halaman landing - CTA

Manfaat> Fitur

Fiturnya bagus.


Tapi keuntungan laku.


Misalnya, Anda baru saja meluncurkan perangkat lunak baru yang dirancang untuk membantu orang menjadi lebih produktif.


Inilah cara gokil Anda dapat mengubah fitur yang membosankan menjadi manfaat yang nyata:


Fitur vs. Manfaat

Halaman produk CoSchedule melakukan pekerjaan HEBAT dalam hal ini.


CoSchedule - Paket pemasaran - Halaman produk

Ya, mereka menyentuh fitur:


CoSchedule - Paket pemasaran - Fitur produk

Tapi lihat seberapa besar salinan mereka difokuskan pada manfaat:


CoSchedule - Paket pemasaran - Manfaat produk

Sangat keren.


CTA yang kuat

Ajakan bertindak yang kuat adalah perbedaan antara halaman yang mengonversi… dan halaman yang gagal.


Sungguh.


Inilah mengapa CTA Anda sangat penting:


Prospek Anda sedang sibuk. Sangat sibuk.


Artinya, mereka tidak punya waktu untuk memikirkan apa yang harus mereka lakukan selanjutnya.


Jadi, beri tahu mereka apa yang harus dilakukan.


Misalnya, lihat halaman landing ini dari Pemicu Sosial .


Pemicu Sosial - Sorotan CTA

Halaman ini menggunakan CTA yang kuat dan jelas.


Bukan: "Daftar". Bukan: "Daftar".


Secara harfiah:


“Masukkan nama dan email Anda, dan klik“ Download Ebook Gratis ”.”


GARIS BAWAH

Gunakan CTA yang kuat dan jelas kapan pun Anda ingin prospek melakukan sesuatu. Seperti yang baru saja Anda lihat, CTA Anda tidak harus mewah. Beri tahu mereka apa yang harus dilakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Tautan Balik: 12 Strategi untuk 2021

  Tidak ada jalan keluar dari fakta bahwa  tautan balik  tetap menjadi salah satu dari  tiga faktor peringkat teratas  Google  , dan tidak mungkin berubah dalam waktu dekat. Ini berarti banyak pemasar dan pemilik bisnis yang bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan tautan balik ke situs mereka.  Tautan dari satu situs web ke situs web lain dilihat sebagai suara kepercayaan, kepercayaan, dan otoritas. Otoritas yang meningkat ini dapat berarti peringkat yang lebih tinggi pada SERP, sehingga memberi situs Anda lebih banyak visibilitas dan kemungkinan lebih banyak lalu lintas organik.  Meskipun demikian, tidak semua tautan dilihat secara setara di mata Google, dan jenis yang salah (  tautan beracun  ) dapat merusak, alih-alih membantu, peringkat Anda. Pada dasarnya, tautan balik harus: Dapatkan penghasilan secara editorial Berasal dari situs web otoritatif yang relevan secara topik Belum dibayar, atau disponsori (termasuk sebagai hasil dari produk hadiah) Tautan  balik yang tepat dapat me